Home

About

Milis

Blog Roll

Group Facebook

XCode Magazine

1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14,15

Selamat Datang Di Komunitas Yogyafree

Selamat datang di komunitas XCode - Yogyafree - Yogya Family Code. Disini kita saling berbagi ilmu komputer, baik hacking, security, programming, software engineering dan lain sebagainya. Klik disini untuk register

Panel
Welcome! Anonymous

YFX license v1.0, Backup 2

[ Facebook comments]

Berita hacking dan informasi terbaru tentang Yogya Family Code
Forum rules
Berita yang berisi tentang kegiatan, pengumuman, aktivitas komunitas Xcode - Yogyafree. bagi member yang menemukan berita tentang komunitas ini dari sumber lain, silahkan posting disini dan sertakan sumbernya

YFX license v1.0, Backup 2

Postby familycode » Mon Jul 05, 2010 7:47 am

YFX license v1.0

Yogyafree Xcode License (YFX License) adalah suatu lisensi perangkat lunak Xcode yang dibuat untuk Komunitas Xcode Global yang bebas penggunaannya sampai dapat menerima perubahan licensi ke licensi lain.

Latar belakang
- Ketidakjelasan licensi content yang berada di Xcode secara global
- Isu adanya usaha monopoli content yang seharusnya dapat di share keluar dengan bebas
- Untuk mereka para pengembang yang tidak ingin berpindah ke Creative Commons, GPL dan Freeware.

Tujuan :
- Untuk memberikan kejelasan dan kepastian licensi yang berada di Media Xcode
- Untuk membebaskan monopoli content yang banyak dibatasi menjadi bebas
- Untuk memberikan rasa aman bagi yang menggunakannya
- Untuk memberikan kepastian dan kejelasan bagi yang membuat content untuk Xcode
- Untuk membantu melepaskan fungsi suatu script yang dimonopoli dengan menggunakan turunan jalur legal yang berbeda untuk memperoleh script dengan kemampuan yang sama.
- Sebagai default licensi di semua content Xcode

Karakter YFX License :

Flexible
- Karena dapat berpindah ke Creative Commons untuk artikel / tutorial
- Karena dapat berpindah ke GPL untuk open source content
- Karena dapat berpindah ke Freeware untuk closed content

Bebas
- Karena content dapat bebas untuk di download, digunakan didistribusikan secara bebas, dimodifikasi dengan bebas dan gratis. Anda juga bebas melakukan seminar, workshop event dengan content dari YFX License. Anda bebas memberikan support dan media dalam pendistribusiannya. Artinya disini yang gratis adalah contentnya tapi support dan medianya dapat komersial terbatas. (Jika di GPL content dapat dikomersialkan kalau di YFX hanya dikomersialkan hanya sebatas yang ditulis diatas).

Gratis
- Siapapun dapat menggunakan content YFX Licensi secara gratis (Berbeda dengan GPL yang memungkinkan bisa harus bayar)

Mempertahankan ekstensinya
- Setiap content yang dilicensikan ke YFX maka content yang telah diubah harus dilicensikan ke YFX atau licensi lain yang diakui oleh YFX Licensi.

YFX Licensi hanya mengakui 3 licensi
- Licensi CC (Creative Commons)*
- Licensi GPL
- Licensi Freeware*
*Ketentuannya harus bebas di download, digunakan di distribusikan gratis baik untuk kepentingan komersial terbatas (hanya untuk media atau support) dan non komersial.
Syarat untuk untuk komersial terbatas hanya media dan support (Media CD boleh tidak gratis, burning boleh tidak gratis, melakukan seminar atau workshop boleh tidak gratis, hanya sebatas itu tapi content dalamnya harus gratis)
Pembuat content asli dan yang mengembangkannya tidak boleh hilang dari content.

Yogyafree Xcode Licensi

Yogyafree Xcode License (YFX) dibagi 4 yaitu
1. Creative YFX
2. Open source YFX
3. Non Open Source YFX
4. Multimedia YFX

Creative YFX
Lisensi tulisan, artikel, tutorial dan semacamnya yang dibuat untuk Komunitas Xcode Global.

Hak penggunaan Open source YFX
1. Bebas untuk di download, digunakan didistribusikan secara bebas baik untuk members xcode maupun bukan termasuk untuk kepentingan komersial (hanya pada support dan media saja) ataupun non komersial.
2. Turunan dari tulisan dengan licensi Creative YFX harus YFX atau cc dengan "atribute "by" dengan ketentuan diatas.

Hak milik licensi software
1. Pembuat artikel
2. Xcode

Syarat Creative YFX
- Tidak terikat dengan licensi lain seperti CC dengan label by-nc dan semacamnya
- Setuju dengan hak penggunaan Creative YFX
Jika terjadi perpindahan licensi ke CC dengan atribute "by" maka tidak berlaku surut, yang berubah licensinya hanya pada update atau versi berikutya.

Open source YFX
lisensi perangkat lunak Xcode yang dibuat untuk Komunitas Xcode Global untuk software open source.

Hak penggunaan Open source YFX
1. Bebas untuk di download, digunakan didistribusikan, dimodifikasi secara bebas baik untuk members xcode maupun bukan termasuk untuk kepentingan komersial (hanya pada support dan media saja) ataupun non komersial.
2. Licensinya tidak berubah yaitu harus menjadi YFX atau bisa ke GPL. Pemodifikasian dapat untuk kepetingan komersial (hanya pada support dan media saja) maupun non komersial.

Hak milik licensi software
1. Pembuat program
2. Xcode

Syarat program menjadi licensi YFX
- Tidak terikat dengan licensi lain seperti GPL (Karena jika terikat maka itu pelanggaran GPL)
- Setuju dengan hak penggunaan Open Source YFX
Jika terjadi perpindahan licensi ke GPL maka tidak berlaku surut, yang berubah licensinya hanya pada update atau versi berikutya.

Non Open Source YFX
Lisensi perangkat lunak Xcode yang dibuat untuk Komunitas Xcode Global untuk software non open source.

Hak penggunaan Non open source YFX
1. Bebas untuk di download, digunakan didistribusikan secara bebas baik untuk members xcode maupun bukan termasuk untuk kepentingan komersial (hanya pada support dan media saja) ataupun non komersial.
2, Jika selama satu tahun tidak ada pengembangan lanjutan dari Non open source YFX maka otomatis program itu menjadi open source YFX dan sah untuk di lakukan decompiler.

Hak milik licensi software
1. Pembuat program
2. Xcode

Syarat program menjadi licensi non open source YFX
- Tidak terikat dengan licensi lain seperti GPL
- Setuju dengan hak penggunaan on Open Source YFX
Jika terjadi perpindahan licensi ke Freeware dengan ketentuan diatas maka tidak berlaku surut, yang berubah licensinya hanya pada update atau versi berikutya.
Multimedia YFX
Lisensi perangkat lunak Xcode khusus gambar, foto, logo, video, suara dan sebagainya
yang dibuat untuk Komunitas Xcode Global dan semua pihak yang melakukan kerja sama dengan Xcode.

Hak penggunaan Multimedia YFX
1. Bebas untuk di download, digunakan didistribusikan secara bebas baik untuk members xcode maupun bukan termasuk untuk kepentingan non komersial.
2. Dapat digunakan untuk semua pihak yang bekerja sama dengan Xcode untuk kepentingan komersial maupun non komersial.

Hak milik licensi software
1. Pembuat content
2. Xcode
3. Pihak yang bekerja sama dengan Xcode

Yang diberlakukan
- Semua content dengan membawa nama Yogyafree / Xcode atau pernah berada didalam media Xcode (Logo, wallpaper, video dan sebagainya)
- Semua content yang diambil dari semua kegiatan Xcode baik seminar, workshop, event dan sebagainya. (Contoh video, foto-foto da sebagainya)

Tidak dapat di convert ke licensi lain

Multimedia YFX tidak dapat berpindar jalur licensinya tapi bisa melakukan copy terbatas dari jalur lain misal dari pihak yang bekerja sama mempunyai hak untuk menyebarkan contentnya itu diperbolehkan tapi dalam ukuran terbatas.
Semua artikel atau tutorial yang di buat oleh members Xcode dan berada di media Xcode akan menjadi licensi YFX License secara default.

Xcode Magazine sudah dipastikan akan menggunakan licensi YFX secara default, tapi tetap memperbolehkan penulis menggunakan licensi Creative Common dengan attribute "by" dengan ketentuan telah ditulis diatas, sehingga licensi YFX tidak begitu berbeda dengan licensi Creative Common.

Semua software open source dengan menggunakan nama Xcode yang berlicensi GPL tetap berlicensi GPL, tidak dapat di convert ke licensi manapun. Licensi GPL diakui YFX Licensi.

Semua software open source dengan menggunakan nama Xcode yang berlicensi freeware akan otomatis masuk ke Open Source YFX License.

Semua software non open source dengan menggunakan nama Xcode yang berlicensi freeware akan otomatis masuk ke Non Open Source YFX License.

Untuk semua content semua multimedia yang ditujukan untuk xcode (Logo, wallpaper, video dan sebagainya) yang masuk di media Xcode adalah hak milik content multimedia tersebut adalah milik Xcode dan pembuat content. Xcode berhak untuk menggunakan content tersebut untuk berbagai hal yang berhubungan dengan Xcode baik support suatu kegiatan bersifat komersial maupun tidak. Misalkan digunakan dalam kerja sama dengan suatu badan usaha sebagai support (event-event atau sebagainya).

================================================================

Xcode akan mengakui 5 jenis content untuk digunakan di Xcode
1. Content Xcode berbentuk tulisan baik digital maupun tidak yang dia buat sendiri atau modifikasi (xcode magazine, artikel di forum, milis, blog dan sebagainya)
2. Content open source untuk Xcode pengertiannya dari content yang dia buat sendiri atau modifikasi (Contoh Xcode BOT, Xcode linux, AV YF, dst)
3 Content closed source bersifat freeware untuk xcode pengertiannya dari content yang dia buat sendiri atau modifikasi (Xcode terminator, xremote, beetrap, dst)
4. Content semua multimedia yang ditujukan untuk xcode (Logo, wallpaper, video dan sebagainya)
5. Content dari luar yang bukan dari content yang dibuat untuk Xcode (Buatan luar yang tidak berhubungan dengan Xcode)

Untuk licensi nomor 1
Pada tanggal 3 April 2006 Xcode Magazine terbit dengan licensi GPL akan berubah menjadi licensi Creative YFX atau Creative Commons yang tujuannya agar lebih sesuai licensinya. (Secara default akan menggunakan Creative YFX)

Lisensi Creative Commons adalah beberapa lisensi hak cipta yang diterbitkan pada 16 Desember 2002 oleh Creative Commons, suatu perusahaan nirlaba Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2001. Banyak di antara lisensi-lisensi tersebut, terutama lisensi original, yang memberikan "hak dasar" seperti hak untuk mendistribusikan karya berhak cipta tanpa perubahan, tanpa biaya apapun.

Creative commons adalah sebuah lisensi non-eksklusif, sehingga karya karya dapat di akses secara bebas dan memperkaya kreatifitas publik karena creative commons memungkinkan pencipta untuk memberikan keleluasaan bagi public untuk memodifikasi karyanya, karena di dalam creative commons dapat di bagi lagi menjadi beberapa lisensi yang pencipta inginkan untuk di gunakan dalam karya ciptanya.

Creative commons yang akan digunakan oleh Xcode adalah hanya dengan atribut by. Atribusi (attribution, “by”): Mengizinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya jika orang tersebut memberikan penghargaan pada pencipta atau pemberi lisensi dengan cara yang disebutkan dalam lisensi.

Untuk licensi nomor 2
Untuk semua software yang open source dibuat untuk Xcode secara default akan dimasukkan ke YFX Open Source kecuali yang berlicensi GPL, tapi YFX Open Source dapat berpindah ke GPL. Karena seperti yang dijelaskan bahwa YFX License sangat flexible sifatnya.

GPL adalah sebuah lisensi yang menyatakan bahwa sebuah karya intelektual (biasanya software) bebas dipakai, disalin, diedarkan, bahkan dikembangkan oleh siapapun tanpa harus membayar atau ijin terlebih dulu. GPL atau bila diterjemahkan menjadi Lisensi Publik Umum pertama kali dibuat oleh Richard Stallman untuk proyek-proyek pembuatan software di bawah bendera GNU.

Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Versi terakhir lisensi ini, yaitu versi 2, dirilis tahun 1991. GNU Lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library.

GPL tidak berlaku pada kondisi yang tidak sesuai dengan yang disebutkan di dalamnya. Program GPL tidak boleh dipakai pada program dengan lisensi yang bukan GPL, bila terjadi yang bersangkutan tidak boleh menyebarkan produk turunannya tersebut. Sebuah program GPL tidak boleh menjadi bagian dari program proprietary ataupun berhubungan dengan pustaka proprietary. Teks lengkap GPL tersedia di http://www.gnu.org/copyleft/gpl.html

Distro Xcode Linux menggunakan GNU/GPL yang bebas dipakai, disalin, diedarkan, bahkan dikembangkan oleh siapapun tanpa harus membayar atau ijin terlebih dulu. Tapi medianya dapat berbayar, contoh biaya CD, burning. membuat medianya seperti CD dapat saja tidak gratis, juga burning juga bisa saja tidak gratis juga, tapi contentnya ber-licensi GPL. Seminar atau workshop membahas pengenalan, tutorial dan sebagainya pada content
GPL juga sama.

GPL juga boleh melakukan perubahan (ngefork), misal Xcode botnet dengan licensi GPL lalu ada yang menghapus semua brand dari Xcode dan kasih nama baru misalnya Tcode bot dengab Tcode code anda bisa menjual produk anda tapi harus juga harus berlicensi GPL.

Intinya setiap perubahan (fork) dari sebuah produk yang berlisensi GPL maka harus menggunakan lisensi yang sama yaitu GPL.
Pelanggaran hak cipta di GPL terjadi jika kita melakukan perubahan (ngefork) misalnya Xcode bot dan kita bikin nama baru dari xcode bot tersebut tetapi lisensinya bukan GPL atau lisensinya GPL tapi sourcenya tidak mau di buka. Ini adalah pelanggaran. Intinya juga GPL tidak harus gratis tetapi kita bisa bebas dalam menggunakan sebuah produk yang di lisensikan di bawah GPL (bebas dipakai, disalin, diedarkan, bahkan dikembangkan oleh siapapun tanpa harus membayar atau ijin terlebih dulu)

Untuk licensi nomor 3
Disini yang akan dibahas adalah yang no 3 dapat menggunakan licensi YFX atau freeware yaitu software yang didistribusikan secara bebas oleh penciptanya dan tanpa biaya untuk mendownloadnya alias gratis.
Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.

Freeware yang berlaku di Xcode adalah menganut bebas untuk digunakan oleh siapa saja baik dengan tujuan komersial (Hanya untuk Media dan support) maupun non komersial dan jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis, maka diharapkan dapat mengubah licensinya menjadi GPL.

Untuk licensi nomor 4
Content semua multimedia yang ditujukan untuk xcode (Logo, wallpaper, video dan sebagainya) yang masuk di media Xcode adalah hak milik content multimedia tersebut adalah milik Xcode dan pembuat content. Xcode berhak untuk menggunakan content tersebut untuk berbagai hal yang berhubungan dengan Xcode baik support suatu kegiatan bersifat komersial maupun tidak. Misalkan digunakan dalam kerja sama dengan suatu badan usaha sebagai support (event-event atau sebagainya).
Pengertian diatas adalah Multimedia YFX

Untuk licensi nomor 5
Untuk content dari luar maka terikat dari pembuatnya. Licensi yang boleh di share adalah semua licensi yang bukan ilegal, shareware diperbolehkan, program trial di perbolehkan apalagi licensi GPL, BSD, LGPL dan semacamnya makin lebih boleh lagi. Untuk hal warez diperbolehkan sebatas untuk belajar security program, contohnya Reverse engineering. Content-content yang bukan dari Xcode tetap diijinkan masuk di media Xcode dengan unsur diatas.

================================================================

Kesimpulan
Tujuan dari kejelasan dan ketetapan ini bahwa komunitas Xcode memperjelas perijinan penggunaan, modifikasi dan distribusi content.

Jika misal anda membuat atau modifikasi suatu content untuk xcode dan tidak ingin dilicensikan seperti yang diatas maka silahkan contact kami melalui e-mail [email protected], dimana kami akan melihat lebih jauh tentang licensi content tersebut. apakah program update ke depan dari si pembuat bisa masuk untuk content atas nama Xcode atau tidak dengan licensi yang di minta sehingga menjadi jelas dan terbuka. Hal ini tidak berlaku surut karena content tersebut telah membawa nama xcode sehingga ketentuan ini lebih untuk kelanjutan support oleh pembuatnya apakah akan berlanjut atau tidak dengan penerapan licensi diatas.

Atau yang pernah share atau sebagainya dan tidak setuju dengan licensi diatas dapat mengirimkan e-mail juga. Jika tidak maka kami nyatakan kelanjutan update content tersebut diperbolehkan dengan licensi diatas. Tapi jika kami tidak menyetujui dari licensi yang diminta maka kami tidak menerima lagi kelanjutan update content yang dishare lagi. Hal ini dilakukan untuk menjaga kredibilitas licensi content di Xcode.

Khusus jika ada script atau program yang memang ingin dimonopoli berada di media Xcode atau pernah diterima oleh salah satu elemen Xcode dan tidak ingin script atau programnya dishare lagi maka silahkan e-mail ke kami, agar kami tidak menggunakan dan mendistribusikannya lagi.

Dimana dengan ini kami dapat memulai membuat, mencari pengganti dari script atau program yang anda monopoli dengan jalur legal yang lain. Karena jika tidak memberitahu bagaimana kami mengetahuinya bahwa content anda dibatasi karena tidak ada konfirmasi atau keterangan.

Dengan hal ini Xcode flexible dan tidak kaku terhadap peraturan licensi yang dibuat diatas. Selain itu Xcode juga tidak ingin terbeban dengan licensi-licensi yang kurang jelas yang nantinya dapat menimbulkan masalah. Dengan tulisan ini diharapkan dapat membantu pembuat artikel, tutorial, program dan sebagainya untuk Xcode menjadi jelas licensi apa yang diterapkan di Xcode sehingga sebelum membuat maka dia sudah tahu licensi apa yang akan diterapkan jika ditujukan untuk Xcode.

Hal ini juga berguna untuk semua yang di elemen Xcode yang mendapatkan software atau tutorial dari ditujukan untuk Xcode menjadi jelas apa yang di download licensinya sehingga tidak ragu untuk menggunakannya.

Media Xcode dalam berbagi dibagi 2 secara garis besar
1. Media Xcode Murni
Media Xcode murni adalah semua media yang berada di wilayah teritorial Xcode (Web xcode, Forum xcode, Milis xcode, fb xcode dan sebagainya)
2. Media Xcode sebagai support
Media Xcode sebagai support adalah semua media yang tidak berada di wilayah teritorial Xcode dalam hak mengatur karena hal itu hak penyelenggara seperti seminar, workshop dan sebagainya.

Hal-hal lain tentang pengaturan untuk media Xcode murni
- Xcode tidak mengatur semua member atau semua element di Xcode menggunakan software ilegal atau tidak karena hal tersebut diluar tanggung jawab Xcode. (Sifatnya pribadi)
- Xcode tidak bertanggung jawab terhadap member atau semua element di Xcode melakukan share produk ilegal secara "satu orang dengan satu orang" di Xcode karena sifatnya pribadi antar mereka. (Dalam arti Private message).
Karena selain kita tidak tahu apa dalam private message dan Xcode tidak ingin mengganggu privacy. Tanggung jawab ada pada yang melakukan distribusi di media Xcode murni.

Hal-hal lain tentang pengaturan untuk media Xcode sebagai support
- Xcode tidak mengatur badan usaha atau pihak yang bekerja sama dengan Xcode harus menggunakan program licensi resmi atau bajakan karena itu tanggung jawab badan usaha atau pihak yang bekerja sama dengan Xcode. (Boleh memberikan saran tapi tidak boleh memaksa)
- Setiap event atau kerja sama disarankan dari awal ditentukan apakah akan ada penggunaan software ilegal atau tidak oleh pihak yang bekerja sama dengan Xcode, jika tidak ada maka semua hal yang berhubungan dengan licensi tanggung jawabnya akan di serahkan kepada pihak yang bekerja sama dengan Xcode.
- Media Konsultasi Xcode di web adalah hal yang tidak dapat dikontrol oleh Xcode sehingga isi didalamnya tidak dalam teritorial Xcode karena bentuknya ID YM individu. Konsultasi Xcode adalah media kerja sama Xcode dengan salah satu member Xcode secara pribadi, support dari pribadi terhadap xcode. Dengan penjelasan berikut maka Xcode tidak bertanggung jawab terhadap isinya.
- Dengan penjelasan diatas bahwa Xcode atau yang didalamnya tidak bertanggung jawab terhadap hal-hal seperti diatas.

Kesimpulan dari pengaturan
- Xcode dibebaskan dari segala macam tanggung jawab yang berhubungan dengan keterlibatannya berhubungan dengan program ilegal karena beberapa hal yang sudah dijelaskan diatas.

Budaya Xcode
Budaya hacker di Xcode bukan hanya sekedar melakukan serangan dengan berbagai exploit untuk pengujian, juga tidak sekedar menghabiskan waktu untuk melakukan coding saja, tidak juga hanya mencari celah keamanan. Lebih dari itu yaitu setiap pengabdi budaya Hacker juga melakukan kegiatan demi budaya itu seperti sharing ilmu-ilmu diforum, milis dan sebagainya.

================================================================

Istilah-istilah yang diakui di Xcode yang berhubungan dengan content
- Semua jenis script yang bentuknya modifikasi tidak ada hak bagi yang membuat mengklaim script tersebut adalah miliknya dalam licensi YFX, pengertian yang benar yang diakui YFX adalah script modifikasi adalah milik :
- Pembuat asli script
- Pembuat yang modifikasi dari urutan kreditnya sebelum anda
- Anda yang memodifikasi
- Untuk pemodifikasi berikutnya juga harus memberikan nama anda dalam hasil modifikasinya

Pemodifikasi boleh tidak menampilkan pemodifikasi sebelumnya jika si pemodifikasi membuat contentnya berdasarkan dari sumber aslinya atau sumber yang tingkatannya lebih awal dalam membuat scriptnya.

Analoginya seperti pada linux, jika membuat modifikasi distro dari Backtrack berketurunan Slackware maka distro anda turunannya dari backtrack, tapi jika anda membuatnya dari turunan Slackware maka anda dari turunan Slackware bukan dari backtrack.

Jika pemodifikasi tidak memberikan sumber pembuat aslinya maka dia melanggar ketentuan licensi

YFX License mengakui Creative Commons Segala media yang menggunakan "by" maka YFX akan menyamakan terminologinya sesuai dengan Creative Commons.

YFX License tidak mendukung segala penyembunyian sumber content yang membuat content tersebut terlihat milik yang memodifikasi.

Secara keseluruhan YFX Licensi dibuat untuk melindungi dan membantu setiap elemen di Xcode yang ingin membuat dan memanfaatkan content Xcode.
User avatar
familycode
 
Posts: 288
Joined: Thu Oct 13, 2005 4:06 pm
Location: Yogyakarta

leave a comment

Return to Berita dan Informasi Terbaru

Who is online

Users browsing this forum: beltrix and 4 guests

Web Counter Start : December 14th 2009
Hit Counters

http://www.xcode.or.id