Page 1 of 3

Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 19, 2010 7:01 am
by familycode
Komunitas Yogyafree / XCode mengikuti golongan aliran Blue Hat, dimana tentang Blue Hat dan Yogyafree XCODE sudah ditulis di XCODE Magazine No 10. Anda dapat mendownload di http://xcode.or.id/files/xcode10.zip

Yogyafree / XCode mengikuti manifesto dan kode etik yang menjadi patokan bagi hacker di seluruh dunia yaitu Manifesto hacker yang pertama kali dibuat oleh seorang hacker yang menggunakan nickname The Mentor dan pertama kali dimuat pada majalah Phrack (volume 1 / issue 7 / 25 September 1986). Manifesto hacker tersebut adalah:

Inilah dunia kami... dunia elektron dan swi-tch, beaty of the baud. kalian menyebut kami penjahat... karena kami menggunakan layanan yang sudah ada tanpa membayar, padahal layanan itu seharusnya sangat murah jika tidak dikuasai oleh orang-orang rakus.
Kami kalian sebut penjahat... karena kami gemar menjelajah.
Kami kalian sebut penjahat... karena kami mengejar ilmu pengetahuan.
Kami ada tanpa warna kulit, tanpa kebangsaan, tanpa bias agama...
tapi bagi kalian kami penjahat.
Kami adalah penjahat... sedangkan kalianlah yang membuat bom nuklir, mengobarkan peperangan, membunuh, berbuat curang, berbohong, dan berusaha membuat kami percaya bahwa itu semua demi kebaikan kami.

Ya, aku adalah penjahat. Kejahatanku adalah keingintahuanku. Kejahatanku adalah menilai orang berdasarkan perkataan dan pikiran mereka, dan bukan berdasarkan penampilan mereka. Kejahatanku adalah menjadi lebih pintar dari kalian, sebuah dosa yang tak akan bisa kalian ampuni.

Aku adalah hacker, dan inilah manifestoku.
kau bisa menghentikan satu, tapi kau tak bisa menghentikan semuanya...
Bagaimanapun juga, kami semua sama. (The Mentor,1986)


This is our world now... the world of the electron and the switch, the beauty of the baud.
We make use of a service already existing without paying for what could be dirt-cheap if it wasn't run by profiteering gluttons, and you call us criminals. We explore... and you call us criminals. We seek
after knowledge... and you call us criminals. We exist without skin color, without nationality, without religious bias... and you call us criminals.

You build atomic bombs, you wage wars, you murder, cheat, and lie to us and try to make us believe it's for our own good, yet we're the criminals.

Yes, I am a criminal. My crime is that of curiosity. My crime is that of judging people by what they say and think, not what they look like.
My crime is that of outsmarting you, something that you will never forgive me
for.

I am a hacker, and this is my manifesto. You may stop this individual, but you can't stop us all... after all, we're all alike.

+++The Mentor+++



Original http://mirror3.preterhuman.net/textfiles/magazines/PHRACK/PHRACK-7

Yogyafree XCode tidak membatasi warna kulit, kebangsaan dan agama, dimana kami tidak peduli anda dari warna kulit apapun, kebangsaan manapun, agama apapun, disini adalah kami adalah satu dan mempunyai tujuan yang sama yaitu mengejar ilmu pengetahuan dengan mengikuti aliran Blue Hat. kutipan dari XCode Magazine 10 :

Definisi Blue Hat bisa anda temukan pada wikipedia yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah “Sekelompok hacker yang tidak terikat oleh pihak apapun dan menjadi kegemarannya mencari kelemahan
sistem, mengekploitasinya, memperbaiki, memberitahu kepada yang bersangkutan dan melakukannya untuk kesenangan”.

Topi biru pertama kali dipopulerkan oleh Microsoft untuksebutan para hacker yang statusnya profesional maupun non-profesional untuk menguji keamanan produk-produk Microsoft. Kalangan topi biru tidak seperti mafia internet rusia yang terorganisir maupun pakar sekuriti yang membuat produk pelindung komputer berbayar (security suite).

Karakter topi biru adalah karakter yang bebas dan tidak dikekang oleh nilai ataupun waktu. Melakukannya secara senang, sukarela dan tidak terikat. Siapapun boleh menjadi bagian dari komunitas topi biru. Biru adalah warna kharismatik bagi orang-orang yang siap menjelajahi komputer sampai sudut-sudutnya dan Blue Hat adalah sebutan untuk orang-orang yang mempelajari semua hal yang berhubungan dengan itu. Sebuah gelar untuk orang yang mau bekerja keras mempelajari halhal yang jauh dari kemampuannya. Mempelajari komputer secara fleksibel dan menikmatinya seperti candu.


Original Link http://xcode.or.id/files/xcode10.zip

XCODE adalah hasil dari metamorfosis dari penamaan lama yaitu Yogyafree dan Yogya Family Code yang terjadi ditahun 2005. XCODE bukan berarti KALICODE lagi tapi XCODE melambangkan variabel X yang bersifat global. Kode global memanggil seluruh orang didunia ini untuk belajar dan sharing bersama kami tanpa batasan apapun.

Penggunaan nama Yogyafree dan Yogya Family Code masih digunakan karena untuk menghindari ada pihak lain memanfaatkan nama tersebut untuk hal lain seperti contoh kasus milis lama Yogyafree yang dipakai oleh orang lain untuk hal lain ( groups.yahoo.com/group/yogyafree ) dan #yogyafree DALnet ( Diluar Yogyafree asli tidak ada kewenangan di channel tersebut).

Yang membuat sebuah regional itu dipandang mempunyai kualitas adalah kegiatan-kegiatan regional tersebut, sehingga dengan majunya sebuah regional maka itu adalah hasil kerja keras suatu YF Regional. YF membuka licensi untuk teman-teman didaerah untuk mengembangkan regionalnya sendiri, dimana bukan licensi kami yang membuat regional menjadi maju tapi kerja keras regional yang membuat YF regional menjadi maju.

YF hanya memberikan support seperti adanya tutorial, dokumentasi, magazine dan sebagainya termasuk iklan adanya kegiatan tersebut agar teman-teman dari regional lain juga bisa ikut kegiatan tersebut.


XCODE telah meninggalkan lama jaman-jaman dimana kami terkungkung dalam sifat kedaerahan saja, hal ini dibuktikan dengan staff di YF Pusat / Jogja dan semua staff di seluruh regional mempunyai pangkat yang sama atau sejajar, tidak ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah dalam staff (Status kepengurusan YF 2010).

Status kepengurusan YF 2010.

Point 1
Yang membawahi Ketua YF Regional adalah Founder dan Wakil Founder

Point 2
Managemen dan Staff YF Pusat tidak membawahi ketua YF Regional tapi ketua YF Regional tidak membawahi Staff YF pusat ataupun staff YF Regional diluar wilayahnya.

Point 3
YF Regional mempunyai susunan struktur organisasi sendiri dimana semua yang berkaitan dengan YF regional adalah wewenang ketua YF Regional tapi secara struktural YF Pusat dan YF Regional maka hubungannya seperti di point 1.

Point 4
Administrator, moderator forum dan milis adalah Staff XCode khusus dimana kedudukannya ekuivalen dengan staff xcode pusat maupun regional tapi mempunyai fungsi, tugas dan wewenang yang berbeda.

Point 5
OP #xcode DALnet, redaksi YF Magazine dan konsultan YF di web YF masuk di Staff XCode khusus 2 dimana tetap ekuivalen dengan staff xcode khusus tapi mempunyai tugas dan wewenang yang berbeda.

1 orang dapat merangkap beberapa tugas sehingga dia dapat dipanggil staff XCode regional, khusus 1 atau khusus 2.

Point 6
Member forum, member milis adalah member XCode dan mempunyai hak untuk mengakses content-content YF. Members akan dibagi 2 yaitu member umum dan member premium, member premium dia akan terdata secara khusus di database kami dari nama, alamat, no telp, member premium ini akan mendapat card khusus dimana informasi tentang ini akan dijelaskan beberapa waktu mendatang. Tujuan dari perbedaan member untuk mengetahui biodata member secara lebih baik.

Point 7
Yogyafree XCode tetap pada misi dan tujuan yang sama yaitu membantu masyarakat IT khususnya dibidang security untuk sharing, memfasilitas, membantu dan sebagainya yang tujuannya untuk perkembangan IT dunia lebih baik.

Point 8
Berkaitan dengan banyak request seminar ke YF pusat, maka semua request seminar ke YF pusat dikirim ke [email protected] Untuk menanyakan secara umum tentang informasi permintaan seminar maka dapat ke mas hanjian atau mbak liya.


Dalam komunitas members Yogyafree XCode semua mempunyai hak yang sama, bahkan staff dan managemen sendiri setara di komunitas baik di forum, milis, channel dan sebagainya sebagai members. Karena Yogyafree XCode tetap menganut budaya hacker barat pada umumnya, bahwa pengukuran di komunitas tetap pada seberapa banyak dia sharing dan seberapa kemampuan skill dia. Sehingga cerminan manifesto dan kebebasan gerak sebagai blue hat ada disini.

Walaupun begitu, organisasi di XCode sedikit berbeda dengan komunitas XCode, organisasi Xcode adalah yang menghandle komunitas XCode agar peraturan tegak berdiri dalam melakukan managemen komunitas sehingga ada strukturnya. Karena kita dalam berkomunitas membutuhkan peraturan untuk kepentingan bersama.

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 19, 2010 9:41 am
by hanjian_family
Hms....I Like Blue Hat :D :love: :love: :love:

"HaNJiaN"

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 19, 2010 9:58 am
by ScootR_3086
kadang item,,kadang putih,,kadang abu2,,nah tambah lg biru..
warna warni dah...
:love: :love: :love:

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 19, 2010 6:19 pm
by whitematic
mangtabs kka :love:

apa aja dah warnanya... :tapa:

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 19, 2010 8:23 pm
by seiga
untung gak ada pink hat ya wkkwkwkwkkwkw

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Sun Mar 21, 2010 5:05 pm
by alymerenung
i like the blues :love:

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Mon Mar 22, 2010 12:52 am
by yudika_anak_manja
sirik tanda tak mampu sajak inilah yang di tujukan buat orang2 sirik..karena orang yang berilmu bnyak yg sirikin...
i like..very very like hacker. thanks before k'k master

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 26, 2010 11:13 am
by Sapikebo
Bluehat untuk dunia pendidikan . mudah mudahan indonesia makin maju pesat bidang ITnya .
amin

:love: :love:

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Fri Mar 26, 2010 11:17 am
by familycode
Sebagai tambahan dari isi topik diatas.

Budaya hacker bukan hanya sekedar melakukan serangan dengan berbagai exploit untuk pengujian, juga tidak sekedar menghabiskan waktu untuk melakukan coding saja, tidak juga hanya mencari celah keamanan. Lebih dari itu yaitu setiap pengabdi budaya Hacker juga melakukan kegiatan demi budaya itu seperti sharing ilmu-ilmu diforum, milis dan sebagainya.

Disini saya mengajak semua di komunitas untuk lebih menguatkan budaya hacker di komunitas dan lebih menguatkan hubungan para members, personil dan sebagainya sebagai pengabdi budaya hacker.

Re: Aliran Komunitas Yogyafree XCode

PostPosted: Sun Mar 28, 2010 9:34 pm
by blacksymphony
familycode wrote:Sebagai tambahan dari isi topik diatas.

Budaya hacker bukan hanya sekedar melakukan serangan dengan berbagai exploit untuk pengujian, juga tidak sekedar menghabiskan waktu untuk melakukan coding saja, tidak juga hanya mencari celah keamanan. Lebih dari itu yaitu setiap pengabdi budaya Hacker juga melakukan kegiatan demi budaya itu seperti sharing ilmu-ilmu diforum, milis dan sebagainya.

Disini saya mengajak semua di komunitas untuk lebih menguatkan budaya hacker di komunitas dan lebih menguatkan hubungan para members, personil dan sebagainya sebagai pengabdi budaya hacker.


Setuju pak. kita disini sama² saling belajar, kalo ilmunya enggak dishare, apa mau dibawa mati sendiri tuch ilmu??? :mati:

__________
I Never Failed, I Just Find 10.000 Ways That Haven't Success